Example floating
Example floating
Pendidikan

Pengabdian Mahasiswa UTM Berikan Pendampingan Pembuatan Akun Marketplace

90
×

Pengabdian Mahasiswa UTM Berikan Pendampingan Pembuatan Akun Marketplace

Sebarkan artikel ini
Pengabdian Mahasiswa UTM Berikan Pendampingan Pembuatan Akun Marketplace
KKNT Mahasiswa UTM Saat Menjelaskan Tutorial Pembuatan Akun Marketplace
Example 468x60

Pamekasan, mediapribumi.id — Pengabdian Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) kepada masyarakat, lakukan pendampingan pembuatan akun marketplace, di Desa Tlanakan, Kabupaten Pamekasan. Sabtu (15/10/2023).

Kegiatan ini dilakukan sebagai realisasi program kerja dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) UTM untuk membantu pembuatan akun marketplace kepada beberapa pemilik usaha.

Agar dapat meningkatkan penjualan produk UMKM dan bisa menjangkau lebih luas pemasaran yang dilakukan oleh setiap pemilik usaha.

“Sarana digital atau biasa kita kenal Marketplace merupakan salah satu cara mengembangkan teknik promosi dan penjualan, termasuk lebih mudah berkomunikasi dengan pembeli.” kata Ayuning Fitriya Wulandari, Ketua Kelompok, KKNT Mahasiswa UTM.

Pihaknya juga melihat, dari hasil observasi mengenai umkm yang ada di desa tlanakan ini, mayoritas pemilik UMKM belum memiliki akun marketplace.

“Setelah kami observasi, jenis hasil produksi UMKM diantaranya ikan kering, camilan madura, kerupuk, kripik, hampir rata rata banyak UMKM yang belum paham pemasaran produk melalui marketplace, sehingga langkah ini kami ambil agar dapat mendorong pendapat para pelaku UMKM,” jelasnya.

Sementara, Titin salah seorang pelaku UMKM kripik petampe membernarkan, bahwa dirinya memang benar-benar kurang paham, tentang digitalisasi atau marketplace.

“Saya pengen mengembangkan usaha saya, tapi saya tidak tau caranya, karena saya hanya lulusan SD, tidak paham gimana caranya,” ungkapnya.

Sebagai informasi, bahwa seorang ibu berusia 40 tahun ini tercatat, kurang lebih 19 tahun, menjual produk, hanya ke toko-toko dan sesuai pesanan.

“Alhamdulillah saya merasa terbantu dengan Mahasiswa KKNT UTM, karena telah dibantu pembuatan akun marketplace, foto produk, registrasi rekening, percobaan packing pesanan dan pengiriman produk ke ekspedisi.” tukasnya.

Struktur KKNT Mahasiswa UTM,

Ketua: Ayuning Fitriya Wulandari
Anggota:
Rofiatun Agustina
Rohana Dewi Rahmawati
Shinta christiani Putri
M. Erfan
M. Anas Bachtiar

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *