Example floating
Example floating
Berita

Rawan Kecurangan, Aktivis Senior Ingatkan Peserta Pemilu 2024 Kawal Ketat Hasil Suara

156
×

Rawan Kecurangan, Aktivis Senior Ingatkan Peserta Pemilu 2024 Kawal Ketat Hasil Suara

Sebarkan artikel ini
Aktivis seneor Ingatkan Peserta Pemilu
Ilustrasi Kecurangan dalam Pemilu
Example 468x60

Mediapribumi.id, Sumenep – Pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 telah selesai dihelat, ratusan juta masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Madura memberikan suara untuk menentukaan pemimpinnya.

Namun, sebagai sebuah kompetisi yang sarat akan trik dan intrik, kerawanan diberbagai sektor memerlukan mitigasi, termasuk kemungkinan kecurangan yang dilakukan oleh penyelenggara.

Salah satu aktivis senior asal Kabupaten Sumenep, Moh. Wahyudi, mengingatkan seluruh peserta Pemilu 2024 untuk mengawal suara hingga tuntas agar kemungkinan kecurangan dapat ditekan.

Menurutnya, meskipun penghitungan suara tingkat TPS sudah selesai, dan saat ini menunggu rekapitulasi hasil suara tingkat kecamatan, kemungkinan kecurangan akan terus mengikuti setiap prosesnya.

Salah satu potensi kecurangan yang akan terjadi yakni pada saat rekapitulasi pada tingkat kecamatan tersebut.

“Pergeseran suara masih bisa terjadi dilevel kecamatan, ditambah dengan saksi di TPS tidak lengkap semua, sehingga ini sangat rawan sekali,” ucapnya melalui saluran telepon, Jumat (16/02/2024) malam.

Ia menambahkan, pergeseran suara tersebut biasanya terjadi ketika situasi dan kondisinya mendukung, seperti yang berhubungan dengan kepentingan orang yang mempunyai kekuasaan.

“Baik itu punya kuasa uang atau jabatan struktural,” tuturnya.

Sehingga, aktivis yang akrab disapa Yudi tersebut mengingatkan seluruh peserta Pemilu untuk memaksimalkan saksi agar memantau pada saat rekapitulasi tingkat Kecamatan.

“Jika peserta Pemilu mengawal secara ketat, maka, penyelenggara tidak akan ada ruang untuk bermain curang,” pungkasnya.

 

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *