Example floating
Example floating
Pemerintahan

Pastikan Optimalisasi Penyelarasan, BAPPEDA Sumenep Konsultasi Ke Pemprov Jawa Timur

25
×

Pastikan Optimalisasi Penyelarasan, BAPPEDA Sumenep Konsultasi Ke Pemprov Jawa Timur

Sebarkan artikel ini
Pastikan Optimalisasi Penyelarasan, BAPPEDA Sumenep Konsultasi Ke Pemprov Jawa Timur
Kanan foto, Arif Firmanto, Kepala BAPPEDA Sumenep
Example 468x60

Mediapribumi.id, Sumenep — Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Sumenep konsultasi dengan BAPPEDA Provinsi Jawa Timur guna memastikan optimalisasi penyelarasan dokumen.

Dokumen yang diselaraskan, adalah rancangan akhir Rancangan Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025 dengan Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF).

KEM-PPKF tersebut, nantinya akan menjadi pedoman utama dalam penyusnan APBD 2025.

“Dengan terbitnya KEM-PPKF, kami harus menyinkronkan berbagai aspek dalam proses penyusunan dokumen perencanaan daerah,” kata Kepala BAPPEDA Sumenep, Arif Firmanto.

Diketahui, KEM menguraikan perkembangan ekonomi global dan domestik serta memberikan gambaran prospek ekonomi kedepan, hal ini menjadi asumsi dasar ekonimi makro yang penting dalam penyusunan kebijakan fiskal

Sementara, PPKF memberikan arah dan strategi penyusunan kebijakan fiskal menengah dan tahunan untuk merespon dinamika perekonomian, menjawab tantangan, menguraikan isu strategis dan mendukung pencapaian pembangunan.

“KEM-PPKF tersebut akan mempercepat pertumbuhan ekonomi secara inklusif dan berkelanjutan,” imbuhnya.

Airf menerangkan, RKPD tersebut sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026, dan saat ini Pemkab Sumenep sedang menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah(RPJPD) 2025-2045 dan RPJMD 2025-2029.

Hasil dari konsultasi tersebut, BAPPEDA Provinsi Jawa Timur merekomendasikan agar Dokumen RKPD mencantumkan kinerja enam indikator ekonomi makro di Kabupaten Sumenep, seperti Indeks Modal Manusia, pertumbuhan ekonomi, TPT, Gini rasio, Indeks Gas Rumah Kaca, serta NTN dan NTP.

“Kami juga perlu menyinkronkan tema dan prioritas daerah dengan delapan Prioritas Nasional,” pungkasnya.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *